Salah satu jenis masakan favorit keluarga Indonesia adalah tahu tempe tumis kecap pedas. Ini adalah olahan tempe dan tahu yang super simpel namun lezatnya tiada tara. Bahkan saking favoritnya menu ini, Anda bisa menemukannya hampir di setiap rumah makan yang ada di Indonesia selain olahan ayam goreng tentunya. Didukung dengan bahan tempe dan tahu yang mudah ditemukan di berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Untuk membuat olahan resep ini cukup mudah. Anda bahkan bisa membuatnya dalam waktu yang cukup singkat. Hanya saja agar supaya lebih mudah sebaiknya siapkan bahannya sebelum Anda mulai memasak agar supaya saat proses memasak semua bahan sudah lengkap dan Anda tinggal memasukkannya saja.

Tahapan Memasak Tahu Tempe Kecap Pedas Yang Menggoda

Masakan ini bisa Anda masak dengan rasa pedas ataupun tidak. Keduanya sama-sama memiliki rasa yang lezat dan mantap tentunya bagi penyuka rasa pedas serta yang tidak. Berikut ini beberapa tahapan untuk memasak tahu tempe tumis kecap pedas yang mudah dan cepat.

  1. Siapkan bahan

Hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah menyiapkan bahan yang terdiri dari tahu dan tempe. Tahu sebaiknya dipotong dalam bentuk kotak kecil kemudian goreng sebentar. Dengan begitu akan lebih mudah matang dan meresap bumbunya. Begitu juga dengan bahan tempe yang dipotong kotak kecil kemudian goreng sebentar. Pisahkan.

  1. Siapkan bumbu iris

Beberapa bumbu yang perlu Anda siapkan adalah bawang merah dan bawang putih iris tipis. Kemudian cabai hijau, iris serong tipis agar tampilan tumisan lebih cantik. Kemudian siapkan lengkuas yang dimemarkan. Serta beberapa lembar daun salam kering. Jangan lupa siapkan merica bubuk, garam, kecap manis pedas dan gula merah.

  1. Mulai Memasak

Setelah semua bahan siap, kini Anda sudah siap untuk mulai memasak. Tumis bumbu iris yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Masukkan pertama kali bumbu bawang merah dan putih, kemudian masukkan lengkuas dan daun salam. Tumis hingga berbau harum. Setelah itu masukkan air secukupnya, kecap manis pedas, merica dan gula Jawa. Masak hingga mendidih.

  1. Masukkan tempe dan tahu

Setelah bumbu tumis mendidih Anda bisa memasukkan tempe dan tahu yang sudah digoreng sebelumnya. Masukkan juga potongan cabai yang sudah diiris serong untuk membuat cita rasanya lebih mantap dan lezat. Masak hingga kuah meresap ke dalam tahu dan tempe dengan baik.

Kini tahu tempe tumis kecap pedas sudah bisa Anda sajikan pada keluarga tercinta. Tumisan akan lebih sedap jika Anda menyajikannya dengan kerupuk dan nasi hangat yang pulen. Untuk membuat cita rasa tumisan lebih sedap biasanya beberapa orang menambahkan air asam ke dalam tumisan. Namun jika Anda tak menyukai rasanya yang asam maka tak menggunakannya pun tak apa. Hal itu tak akan mengurangi kelezatan yang dimiliki tahu tempe tumis kecap pedas yang Anda buat.

Untuk lebih memudahkan Anda kini sudah tersedia kecap manis yang sudah lengkap dengan adanya cabai rawit di dalamnya. Biasanya kecap manis pedas banyak dibuat oleh masyarakat untuk melengkapi masakan telur ceplok atau dadar, tempe mendoan atau masakan lainnya. Selain Anda bisa menyiapkan kecap manis pedas untuk tambahan lauk, Anda juga bisa menggunakannya untuk pelezat dalam setiap masakan.

Tips Memilih, Menyimpan Bahan Tahu Dan Tempe

Diketahui tempe adalah produk asli dari Indonesia. Sedangkan tahu merupakan adaptasi produk dari Jepang yang bernama Tofu. Untuk menghasilkan masakan tempe dan tahu yang enak maka bahan utama harus dipilih dari bahan yang berkualitas. Untuk memilih tempe yang bagus dan berkualitas maka Anda harus bisa memilih jenis tempe yang baik.

Diantara cirinya adalah tempe tersebut padat dan memiliki bulir kedelai yang utuh. Selain itu bau tempe segar juga bisa tercium dengan mudah jika Anda mencium tempe meski terbungkus plastik atau daun.

Untuk penyimpanan tempe Anda bisa menyimpannya dalam wadah kedap udara atau bungkus dengan menggunakan plastik rapat dalam lemari es. Simpan dengan jangka waktu kurang lebih selama 3 hari. Selebihnya tak dianjurkan untuk dimasak karena biasanya tekstur tempe sudah lembek dan berbau tak sedap.

Sedangkan untuk memilih tahu baik putih atau kuning sebaiknya Anda pilih dengan melihat teksturnya. Saat ini ada banyak sekali jenis tahu yang dibuat dan dipasarkan secara luas. Dari mulai tahu kedelai murni, tahu susu hingga tahu dengan campuran telur. Semua jenis tahu tersebut jika diolah dengan baik dan benar pastinya akan memiliki cita rasa yang sangat lezat.

Cara cek kondisi tahu dengan mudah adalah dengan menyentuh dan tekan tahu untuk mengetahui apakah tahu mudah hancur atau tidak. Tahu yang terlalu kenyal dan tidak mudah hancur biasanya memakai pengawet seperti bahan kimia formalin.

Anda juga bisa mencium bau tahu yang segar dari fermentasi kedelai. Jika berbau kecut dan berlendir maka dipastikan tahu tersebut pasti sudah disimpan lama.

Cara menyimpan tahu khususnya di lemari es sebaiknya dilakukan beberapa hal sebelum disimpan. Yaitu dengan merebus sebentar tahu dengan air matang. Kemudian simpan tahu yang sudah direbus dalam wadah kedap udara. Jangan lupa untuk mengganti air dalam wadah penyimpanan setiap hari agar supaya tahu tetap segar dan enak.

Demikian ulasan singkat tentang cara mengolah resep tahu tempe tumis kecap pedas sekaligus dengan bagaimana cara menyimpan bahan utamanya dengan baik dan benar. Semoga artikel ini bisa membantu memberikan informasi tambahan tentang resep makanan untuk Anda.

Share