Tips Makanan Penambah Darah – Darah rendah sering membuat kepala kita pusing dan merasa bahwa dunia berputar. Sebenarnya apa itu darah rendah dan mengapa anda bisa menderita darah rendah. Lalu bagaimana cara mengatasi darah rendah dengan aman dan bisa dilakukan di rumah?

Hipotensi

Darah rendah secara ilmiah disebut dengan hipotensi yang mengacu pada keadaan tekanan darah yang berada di bawah kondisi normal. Umumnya seseorang dikatakan menderita darah rendah jika tekanan darahnya di bawah 90/60 mmHg. Hipotensi memang tidak berbahaya, namun kondisi ini cukup menyusahkan karena membuat penderitanya merasa lemas dan pusing.

Tips Makanan Penambah Darah

Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan hipotensi dan ini berbeda – beda pada setiap orang. Namun, secara umum penyebab hipotensi bisa dirangkum diantaranya:

Kehamilan
Kondisi kehamilan merupakan kondisi yang sering menyebabkan keadaan hipotensi hal ini cukup berhubungan karena umumnya janin juga terpengaruh oleh kondisi sirkulasi darah dalam tubuh sehingga jika biasanya sirkulasi darah hanya untuk satu orang namun ketika hamil sirkulasi darah menjadi milik dua orang.

Konsumsi obat – obatan
Keadaan lain yang cukup sering menyebabkan kondisi hipotensi ketika seseorang mengonsumsi beberapa jenis obat – obatan yang memiliki pengaruh untuk menurunkan tekanan darah. Contoh obat – obatan tersebut diantaranya atenolol, propranolol, furosemide, sildenafil dan levodopa.

Kondisi Infeksi
Kondisi infeksi merupakan kondisi dimana darah beserta sel imunitas yang ada di dalam darah menuju area yang yang mengalami infeksi. Hal ini pada beberapa orang dapat menyebabkan penurunan tekanan darah.

Ketidakseimbangan Hormon
Kondisi lain yang cukup mempengaruhi tekanan darah yakni adanya ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Biasanya ketidakseimbangan hormon sering disebabkan oleh beberapa penyakit metabolik misalnya diabetes. Namun, ada juga penyakit lain yang bisa menyebabkan penurunan tekanan darah misalnya penyakit tiroid. Awalnya penyakit tersebut akan mengganggu kadar hormon dalam darah. Kadar hormon yang menurun bisa berdampak terhadap penurunan tekanan darah.

Kekurangan Nutrisi
Hal yang paling umum menjadi penyebab penurunan tekanan darah yakni berkaitan dengan kekurangan nutrisi. Apabila seseorang kekurangan nutrisi seperti asam folat dan vitamin B12 maka nantinya bisa menyebabkan kondisi seperti anemia yang dapat menyebabkan penurunan tekanan darah.

Perdarahan
Kondisi umum lain yang sangat mempengaruhi tekanan darah yakni kondisi kehilangan darah dari dalam tubuh dalam jumlah yang besar bisa disebabkan oleh cedera yang mampu menurunkan volume aliran darah dalam jaringan tubuh sehingga tekanan darah menjadi turun.

Tips Makanan Untuk Penderita Darah Rendah

Salah satu alternatif solusi untuk penderita darah rendah yakni dengan mengonsumsi makanan yang ada di dalam rumah. Konsumsi makanan juga bisa digunakan sebagai alternatif untuk pertolongan pertama pada kondisi hipotensi.

Tips makanan penambah darah yang bisa anda konsumsi diantaranya:

1. Selalu pastikan mengonsumsi cairan minimal 2 liter setiap harinya. Terlebih lagi jika anda sering mengalami gangguan pencernaan seperti diare yang bisa menyebabkan dehidrasi.
2. Istirahat yang cukup jika anda merasa terlalu banyak berdiri sebaiknya dikurangi karena kondisi berdiri yang berlangsung dalam waktu yang cukup lama dapat mempengaruhi tekanan darah.

4 Makanan Penambah Darah

Daging – dagingan

Jika anda ingin mencari tahu makanan apa yang bisa berguna untuk menambah tekanan darah, yang pertama disarankan pasti daging. Anda bisa mengonsumsi hampir semua jenis daging baik itu daging merah seperti daging sapi atau kambing dan daging unggas misalnya daging ayam dan bebek. Kandungan zat besi yang cukup tinggi dalam daging sangat berguna untuk menambah jumlah darah dalam tubuh serta menghindari anemia.

Anda bisa mengonsumsi daging dengan sayur ataupun buah agar tercukupi asupan vitamin C yang sangat membantu untuk proses penyerapan zat besi di dalam tubuh. Tapi, anda harus ingat bahwa anda sebaiknya mengonsumsi daging secukupnya karena beberapa daging meningkatkan risiko kolesterol serta serangan jantung. Jika anda berniat mengonsumsi daging anda bisa memilih daging yang memiliki kandungan lemak rendah serta disesuaikan kembali dengan diet makanan yang seimbang.

Kacang dan biji – bijian

Siapa sangka ternyata biji – bijian yang sering digunakan untuk kudapan dan cemilan juga bermanfaat untuk meningkatkan tekanan darah. Kacang serta biji – bijian umumnya kaya akan kandungan asam folat serta protein yang cukup baik bagi proses pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Kacang yang cukup direkomendasikan yakni kacang almond. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi 1 ons kacang almond bermanfaat untuk menambahkan 6% zat besi bagi tubuh. Untuk jenis biji – bijian yang sangat bermanfaat yakni biji wijen.

Sayuran Berwarna Hijau

Sayuran berwarna hijau misalnya brokoli dan bayam diketahui memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Asam folat sangat bermanfaat untuk pembentukan zat besi serta protein dalam tubuh.

Makanan dengan Kadar Natrium Tinggi

Salah satu kandungan yang dikenal dapat menaikkan tekanan darah yakni makanan dengan kadar natrium yang tinggi. Biasanya makanan ini cenderung asin karena natrium merupakan salah satu bahan penyusun dari garam dapur. Kadar natrium dalam darah cenderung mengikat air yang nantinya mampu meningkatkan tekanan darah. Namun, anda harus hati – hati karena jika terlalu banyak mengonsumsi garam dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Makanan dengan kandungan natrium contohnya ikan asin, makanan kalengan serta makanan lain yang mengandung kadar garam. Kadar garam yang disarankan dalam sehari yakni 4.5 – 5 gram setiap harinya.

Jika anda mengonsumsi alkohol, ada baiknya anda membatasi konsumsi alkohol karena alkohol dapat menyebabkan dehidrasi yang menurunkan tekanan darah.

Istilah beberapa tips makanan penambah darah yang dapat anda coba untuk mengatasi anemia.

Share Button