Olahan baru ayam goreng saos tiram adalah daging ayam yang diolah dengan tambahan saos tiram. Seperti yang Kita ketahui saat ini saos tiram banyak menjadi tambahan bumbu penyedap masakan yang membuat cita rasanya lebih gurih dan mantap. Biasanya saos tiram banyak dibubuhkan pada masakan tumis sayur seperti sayur kangkung misalnya.

Untuk membuat olahan ayam goreng dengan saos tiram ini caranya sangat mudah. Anda bahkan bisa membuatnya dalam waktu yang singkat. Mudah dan cepat serta disukai oleh seluruh anggota keluarga Anda menjadi salah satu alasan untuk memasak resep ayam yang satu ini.

Bagaimana Cara Mengolah Resep Ayam Goreng Saos Tiram?

Untuk memasak lauk ayam goreng dengan saos tiram ini Anda membutuhkan beberapa potong ayam segar. Anda bisa membeli daging ayam yang utuh maupun yang sudah dipotong kecil. Namun untuk memudahkan Anda beli saja ayam yang sudah dipotong kecil sehingga Anda tinggal mengolahnya saja. Berikut beberapa langkah untuk membuat ayam goreng saos tiram.

  1. Cuci bersih ayam di bawah air yang mengalir.

Bersihkan dengan seksama agar supaya darah yang masih tertinggal bisa hilang dengan maksimal. Agar bau amisnya hilang Anda bisa melumuri daging ayam dengan air perasa jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas kembali dengan air bersih.

  1. Marinasi daging ayam

Kemudian beri daging ayam dengan sedikit marinasi bumbu yang terdiri dari bawang putih, garam dan merica halus. Aduk hingga bumbu merata ke seluruh daging. Sayat bagian sisi daging agar supaya bumbu marinasi bisa meresap dengan baik ke dalam daging ayam. Simpan dalam lemari es selama 30 menit.

  1. Tumis bumbu iris

Setelah 30 menit kemudian keluarkan ayam dan goreng hingga setengah matang. Tumis irisan bawang putih, bawang bombay dan irisan cabe merah atau hijau hingga berbau harum. Kemudian masukkan saos tiram, kecap manis, saus sambal dan air secukupnya. Aduk rata hingga mendidih kemudian masukkan ayam yang sudah digoreng tadi.

  1. Masak daging ayam hingga bumbu mengental.

Cek kualitas rasanya. Tambahkan gula dan garam secukupnya jika memang dirasa masih belum mantap rasanya. Anda bisa menyajikan ayam goreng saos tiram ini dengan lauk pauk sayuran kangkung yang segar.

Tips Memilih Ayam Segar Untuk Agar Cita Rasa Lebih Mantap

Untuk menghasilkan resep ayam goreng saos tiram yang lezat tentunya bahan utama yang Anda buat harus dari bahan yang berkualitas terbaik. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk memilih daging ayam yang baik.

Yang pertama adalah dengan melihat warna daging. Daging ayam yang segar biasanya berwarna merah muda. Anda bisa melihat warnanya yang merah segar dengan kulit putih kemerahan. Kemudian cara yang kedua adalah dengan mencium baunya. Bau daging ayam yang segar bukanlah berbau amis dan anyir. Namun bau daging ayam mentah yang segar.

Kemudian Anda bisa menekan atau menyentuh kulitnya untuk mengetahui tingkat elastisitas daging ayam yang Anda beli. Jika Anda tekan daging kembali ke bentuk semula maka bisa dipastikan masih segar dan bagus.

Dan cara yang terakhir adalah dengan melihat apakah daging dihinggapi lalat atau tidak. Jika ada banyak lalat yang berkerumun di sekitar daging ayam maka dipastikan daging ayam segar dan tak menggunakan bahan kimia apa pun.

Namun waspadalah jika tak ada seekor lalat pun yang hinggap di sekitar daging ayam, bisa jadi itu karena bau menyengat dari bahan kimia yang digunakan agar supaya daging ayam terlihat menarik dan tahan lama. Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui dari cara memilih daging ayam yang terbaik kualitasnya.

Share