Masakan laut atau seafood selalu menjadi favorit di berbagai kesempatan. Banyak masyarakat Indonesia yang menyukai masakan seafood sehingga hampir bisa dipastikan ada banyak warung seafood yang ada di sekitar Kita saat ini. Salah satu olahan seafood favorit adalah masakan laut yang terbuat dari bahan cumi baik yang segar atau yang kering.

Namun untuk masakan cumi sambal ijo ini paling tepat adalah dengan menggunakan cumi kering atau yang dikenal dengan cumi baby. Cumi baby atau kering bisa Anda temukan dengan mudah di berbagai pasar atau supermarket yang dijual dalam bentuk kiloan. Namun untuk bisa memasak cumi asin Anda perlu mengetahui caranya dengan benar agar supaya olahan masakan bercita rasa mantap dan lezat maksimal.

Apa Saja Langkah Mudah Memasak Cumi Sambal Ijo Yang Pedas Mantap?

Cumi asin atau cumi baby biasanya bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama. Anda bisa menyimpan cumi kering ke dalam wadah kering yang kedap udara di suhu ruangan. Nah agar supaya olahan cumi kering bisa lebih mantap rasanya Anda harus mengetahui bagaimana cara mengolahnya dengan benar. Berikut beberapa tahapan untuk memasak olahan cumi kering dengan baik dan benar.

  1. Rendam cumi baby ke dalam air panas

Sebelum Anda memasak cumi baby sebaiknya Anda rendam terlebih dahulu ke dalam air panas mendidih. Rendam kurang lebih selama 30 menit. Jika Anda ingin memasak cumi asin dengan utuh maka sebaiknya bersihkan kepala dan bagian dalam cumi selama direndam.

  1. Siapkan bumbu

Untuk membuat cumi sambal ijo Anda harus menyiapkan bumbu diantaranya bawang merah, bawang putih, lengkuas, daun salam, cabai hijau, gula dan garam secukupnya. Semua bumbu tersebut Anda haluskan kecuali gula dan garam. Haluskan hingga bumbu benar-benar halus agar supaya bumbu bisa meresap dengan baik ketika dimasak.

  1. Tumis bumbu halus hingga harum

Setelah bumbu sudah halus dengan maksimal selanjutnya Anda tumis bumbu hingga berbau harum. Kemudian masukkan daun salam, lengkuas dan beri air secukupnya. Setelah bumbu tercampur dengan merata barulah Anda masukkan baby cumi yang sudah direndam. Aduk rata.

  1. Tes rasa

Setelah kuah terlihat menyusut, Anda bisa memasukkan gula dan garam secukupnya. Masak hingga kuah mengental. Tes rasa sebelum disajikan.

Tips Menyajikan Lauk Cumi Sambal Ijo

Cumi kering atau cumi baby harus direndam terlebih dahulu dengan tujuan untuk mengurangi rasa asin dan membuat tekstur cumi menjadi lebih kenyal dan lezat. Selain itu dengan perendaman maka kotoran yang menempel bisa terlepas dengan mudah sehingga cumi bisa disantap dengan lebih sehat dan higienis.

Karena cumi sudah memiliki rasa yang asin maka sebaiknya hidangkan dengan lauk pauk yang bisa menyeimbangkan rasa cumi asin tersebut. Seperti misalnya tempe atau tahu bacem, sayur bening bayam dan lain sebagainya.

Agar kualitas rasa masakan cumi sambal ijo lebih lezat dan mantap cara memilih cumi asin pun juga harus lebih selektif. Karena cumi asin termasuk produk seafood yang diawetkan maka cumi yang Anda pilih harus memiliki kualitas yang terbaik.

Cara memilih yang pertama adalah pilih yang masih utuh. Cumi asin yang masih utuh lengkap dengan bagian kepalanya biasanya juga masih utuh dengan tinta dan plastik di bagian dalam. Untuk itu sebelum perendaman Anda bisa membersihkan bagian kepala dan bagian dalam cumi di bawah air yang mengalir sehingga cumi bisa lebih bersih dengan maksimal.

Cumi yang sudah tak lengkap bagiannya seperti misalnya hanya tinggal bagian badannya saja umumnya memiliki kualitas yang kurang baik karena bukan cumi pilihan.

Ketika Anda membeli cumi kering di pasar, ada yang sudah dalam bentuk kemasan dan ada yang dalam bentuk curah. Untuk cumi kering curah, setelah Anda di rumah bisa memindahkannya ke wadah kedap udara yang kering kemudian simpan di suhu ruangan. Simpan kurang lebih dalam jangka waktu sekitar 1 hingga 2 bulan masih bisa dalam kondisi baik.

Agar supaya olahan cumi lebih sedap dan menggoda, Anda bisa menambahkan bahan tomat ceri dan pete yang segar pasti lebih sedap. Masukkan bahan tomat ceri dan pete pada beberapa waktu sebelum olahan cumi diangkat dari kompor agar supaya teksturnya masih renyah dan gurih.

Olahan cumi banyak dipilih karena bisa menjadi lauk yang lezat meski hanya dengan nasi putih saja. Paling sedap memang jenis olahan cumi kering karena sudah memiliki rasa asin yang meresap.

Berbeda dengan olahan cumi basah yang lebih sulit untuk meresap bumbunya. Jika tak bisa memasaknya dengan benar, cumi basah bisa menjadi alot dan sulit dikonsumsi. Oleh karena itu sebaiknya saat memasak cumi basah atau kering sangat tak dianjurkan untuk memasaknya dalam kondisi waktu yang lama. Kurang lebih hanya sekitar 15 menit saja setelah bahan cumi dimasukkan.

Cumi basah biasanya dimasak dengan resep cumi saus tiram atau cumi crispy. Agar supaya olahan cumi basah bisa memiliki cita rasa yang lebih mantap sebaiknya Anda memotongnya bulat kemudian merendamnya dalam rendaman yang terbuat dari kocokan telur, merica bubuk, kaldu bubuk, bawang putih halus dan garam.

Cumi yang dimasak dalam waktu yang cukup atau tidak terlalu lama akan memberikan hasil masakan yang enak, lezat dengan tekstur cumi yang empuk dan gurih. Anak-anak biasanya lebih menyukai masakan cumi yang dimasak dengan balutan tepung karena lebih mudah dikonsumsi bahkan oleh anak-anak sekalipun.

Share