Seperti yang Kita tahu bahwa nasi tumpeng merupakan salah satu sajian yang banyak digunakan untuk melengkapi sebuah acara yang diselenggarakan di Indonesia. Dan kini sudah ada sajian Tumpeng Mini Jakarta yang bisa Anda pakai untuk pelengkap acara yang Anda adakan bersama keluarga atau teman rekan kerja yang istimewa. Penggunaan nasi tumpeng yang dibentuk mini secara kekinian membuatnya terlihat lebih kekinian sehingga makna biasa atau jadul pun hampir tak terasa lagi.

Namun meski Anda sudah sering menikmati sajian nasi tumpeng, apakah Anda tahu bahwa dibalik nasi tumpeng ada makna tersendiri yang bisa Anda ambil hikmahnya? Nah jika Anda belum mengetahuinya, kali ini Kita akan membahas hal itu secara tuntas dan jelas. Semoga bisa menjadi tambahan informasi untuk Anda.

Makna Khusus dan Terdalam Dari Penyajian Nasi Tumpeng Mini Jakarta

Anda pastinya sudah tahu bukan bahwa nasi tumpeng memiliki bentuk kerucut dan mayoritas menggunakan jenis nasi kuning yang memiliki cita rasa gurih dan nikmat. Begitu pun juga dengan Tumpeng Mini Jakarta, perbedaannya hanyalah terletak pada segi bentuk, ukuran dan kemasan yang dipakai. Selebihnya hampir sama dengan nasi kuning biasa yang Anda santap saat sarapan pagi.

  1. Makna bentuk kerucut

Nasi tumpeng memiliki bentuk kerucut yang berarti sebuah simbol khusus untuk hubungan manusia dengan sang Penciptanya. Dimana diharapkan bisa selalu mengharap ridho dan berkahNya untuk hidup yang memiliki hajat acara. Serta doa untuk yang memiliki hajat acara agar supaya selalu diberi tempat yang tinggi atau dalam artian sukses dalam kehidupannya kelak.

  1. Makna warna kuning

Warna nasi  yang kebanyakan dipakai untuk nasi tumpeng adalah kuning yang berarti makmur dan harmonis. Berisi sebuah pengharapan agar supaya hidup tuan rumah atau pemilik acara bisa lebih baik kondisinya, guyub rukun dengan keluarga, sanak saudara maupun  tetangga.

  1. Makna ayam Ingkung

Meski nasi tumpeng yang disajikan adalah jenis nasi tumpeng mini, namun hanya sebagai simbolis banyak yang menghadirkan ayam Ingkung dalam acara yang mereka selenggarakan. Sedangkan untuk disajikan di nasi tumpeng mini Jakarta adalah ayam yang sudah dalam bentuk potongan standar. Ayam Ingkung sendiri memiliki arti ketenangan hati yaitu sebuah permohonan khusus agar supaya diberi hati yang tenang dan ikhlas dalam menerima semua ketetapan dari Tuhan.

  1. Makna ikan teri

Beberapa nasi kuning menggunakan ikan teri yang dimasak terpisah atau menjadi satu dengan kering tempe pedas. Ikan teri sendiri memiliki sebuah makna terdalam yaitu permohonan untuk adanya kerukunan serta adanya kerja sama yang baik dalam keluarga penyelenggara acara.

  1. Makna kacang panjang

Untuk sayuran pelengkap dalam nasi kuning, banyak yang menggunakan kacang panjang yang digunakan untuk lalapan atau sekedar hiasan semata. Namun sayuran ini memiliki makna bahwa hidup harus memiliki visi ke depan yang panjang dan terencana. Sedangkan penggunaan taoge memiliki simbol bahwa hidup harus lebih kreatif dan penuh inovatif.

Makna Lain Dari Penyajian Nasi Tumpeng Mini

Nah jika hal yang disebutkan di atas adalah makna dari bahan nasi dan lauk pauk yang digunakan dalam pembuatan nasi tumpeng mini. Adakah makna lainnya dari penyajian nasi tumpeng tersebut? Tentu saja ada. Bahwa dengan menyajikan nasi tumpeng mini memiliki suatu arti tersendiri. Yang pertama adalah lebih spesial sifatnya. Karena proses pembuatan dan  penyajian nasi tumpeng tidaklah sederhana, penuh proses dan butuh waktu lama.

Yang kedua adalah bahwa ada makna khusus dalam setiap bahan yang dipakai. Seperti yang sudah dijelaskan di artikel di atas. Kemudian yang ketiga adalah adanya sinergi lauk pauk. Pemilihan lauk pauk yang digunakan pun tak sembarangan, melainkan dengan pertimbangan khusus agar supaya nasi kuning bisa lebih nikmat untuk disantap. Demikian makna khusus dari nasi Tumpeng Mini Jakarta yang saat ini menjadi favorit dalam setiap acara.

Share Button