Cara Memasak Edamame Untuk Ibu Hamil – Ibu hamil memang sudah seharusnya mengkonsumsi makanan yang sehat demi calon bayi yang ada dalam kandungannya. Cara memasak edamame untuk ibu hamil juga harus diperhatikan betul supaya berbagai kandungan baik yang ada di dalamnya tidak rusak.

Edamame sendiri sebenarnya sangat mudah untuk diolah menjadi camilan. Cara pengolahannya juga beragam, tinggal pilih saja yang sesuai dengan selera. Namun sekali lagi, edamame harus dimasak dengan cara yang benar supaya kandungan gizinya tidak hilang serta tetap enak dimakan.

Cara Memasak Edamame Untuk Ibu Hamil

Pilihan Cara Memasak Edamame untuk Ibu Hamil

1.   Dengan Cara Pan Sear

Pan sear pada dasarnya ialah teknik memasak dengan temperatur yang tinggi. Sesuai dengan namanya, alat masak yang digunakan adalah wajan atau pan. Teknik satu ini sebenarnya memang jarang dipakai saat memasak edamame.

Akan tetapi, pan sear justru dianggap sebagai teknik yang menghasilkan cita rasa paling enak. Untuk memasak edamame dengan teknik pan sear ini, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Panaskan wajan yang ukurannya cukup besar, namun sebaiknya wajan ini adalah wajan besi cor.
  • Setelah wajan tersebut panas, langsung masukkan saja edamame yang akan diolah lalu kecilkan apinya.
  • Masak terus hingga yang bagian bawah edamame berubah warnanya menjadi kecoklatan, lalu balik untuk memasak bagian atasnya.
  • Masak lagi edamame hingga kedua sisinya berwarna kecoklatan dan isi yang ada di dalamnya juga empuk. Sebaiknya juga jangan terlalu sering mengaduk edamamenya.

Sekedar tips saja, untuk memastikan panas tidaknya wajan, bisa mencelupkan tangan ke dalam air bersih dulu. Sisa air yang ada di tangan dicipratkan pada wajan. Kalau nanti muncul buih dan air tersebut langsung kering, itu artinya wajan sudah cukup panas.

2.   Dengan Menggunakan Microwave

Cara memasak edamame untuk ibu hamil yang satu ini bisa membuat edamame matang lebih cepat. Caranya juga sangat mudah, dan tahapannya sebagai berikut:

  • Tempatkan edamame dalam mangkuk tahan panas sehingga bisa digunakan untuk memasak edamame dalam microwave. Pastikan edamamenya ini dalam kondisi yang bersih. Lalu, jika edamamenya masih fresh, bisa cipratkan air hingga mengenai kulit edamame serta mangkuknya.
  • Tutupi mangkuk tersebut kemudian masak di dalam microwave hingga edamame empuk kira-kira antara 1 menit hingga 3 menit.
  • Jika sudah, bisa matikan microwave dan diamkan dulu edamame sampai suhunya cukup dingin sehingga bisa dipegang. Dalam tahap ini, edamame juga bisa diberi bumbu yang sesuai dengan selera lalu sajikan.

Baca juga : Pesan Nasi Tumpeng di Kramat Jati

3.   Dengan Cara Merebusnya

Merebus edamame adalah salah satu cara yang banyak dilakukan orang. Cara ini sangat mudah karena pada dasarnya sama seperti ketika merebus sayuran. Untuk langkah-langkah lebih lengkapnya sebagai berikut:

  • Siapkan air dan masukkan garam secukupnya jika ingin edamame yang rasanya asin. Kalaupun tidak diberi tambahan garam juga tidak apa-apa.
  • Rebus air tersebut sampai mendidih, baru kemudian masukkan edamame sedikit demi sedikit. Hati-hati saat memasukkannya, jangan sampai terkena cipratan air panas.
  • Setelah beberapa menit, coba ambil satu edamame untuk diperiksa apakah sudah cukup lunak atau belum. Tingkat kematangan edamame sebenarnya bisa disesuaikan dengan selera, namun jika ingin edamame yang masih agak keras, jangan terlalu lama memasaknya.
  • Jika edamame sudah cukup matang, bisa matikan api lalu tiriskan. Sampai di sini biasanya orang juga akan menaburkan garam untuk menambah rasa edamame, namun kalau tidak suka, tidak perlu melakukannya.

Tiga cara memasak edamame untuk ibu hamil di atas sangat bagus diterapkan untuk menjaga kandungan gizinya. Selain dengan ketiga cara di atas, bisa juga memasak edamame dengan cara mengukusnya. Jadi, mau pilih cara yang mana?

Share Button